Pustaka Bugis : Koleksi Buku Makassar, Buku Bugis (Bagian 2)

Postingan ini bersifat informasi pustaka / buku Bugis Makassar yang saya koleksi di Perpustakaan pribadi (di Yogyakarta). Koleksi buku sulawesi ini terbuka untuk dibaca oleh siapapun, bisa dibaca ditempat, tidak dipinjamkan apalagi diperjual belikan. Selain buku Bugis Makassar terdapat juga buku sulawesi lainnya, seperti buku mandar, toraja, tolotang, buton, bajo. Kesemuanya tentu bertema budaya, sejarah, adat dan seni suku-suku tersebut.

Koleksi-koleksi tersebut didapatkan dengan cara membeli langsung di kota Sengkang, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Jakarta dan Bandung. Mencuil sedikit demi sedikit uang belanjar dapur tiap bulannya demi membeli buku-buku ini.

Ada yang harus berburu ke pasar loak di Jakarta, Solo, Yogyakarta, Sengkang, Bandung, Prambanan. Ada yang didapatkan di gudang barang-barang / kertas - buku bekas di wilayah Sleman Yogyakarta.

Ada banyak pula buku berupa pemberian dari banyak sahabat dan para tetua saya seperti Ibu Nurhayati Rahman, Ibu Andi Ima Kesuma, Ibu Nurwahidah, Bapak Ahmad Ubbe, Bapak Ivan Taniputera, Bapak Nursam, Bapak Muhlis Paeni, Bapak Nasaruddin Anshory, Ibu Syamsiah Badruddin.

Ada pula daeng Daeng Andi Rahmat Munawar, Daeng Noor Sidin, Daeng Renaldi Maulana, Daeng Danial Kribo, Daeng Joehansar Andi Latif. Serta dari adik-adikku Rasnadiah, Burhanuddin, Dian Muhtadiah Hamna, Ika Fariha Hentihu dan masih banyak yang lainnya (maaf jika terlewatkan, kelak jika teringat kembali akan ditulis disini).

Adapula berupa pemberian cuma-cuma dari penerbit Leutika, La Galigo Press dan Penerbit Ombak. Berikut daftar dari sebagian buku yang telah diinventaris.


Posting ini adalah sambungan dari postingan dengan judul yang sama sebelumnya. Berikut adalah daftar buku Buku Makassar, Buku Bugis ( 100 judul berikutnya ).
 
Sumber artikel:
http://www.suryadinlaoddang.com/2013/03/koleksi-buku-makassar-buku-bugis-bagian.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pustaka Bugis : Koleksi Buku Makassar, Buku Bugis (Bagian 2) . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://gratisiklanbarisdisini.blogspot.com/2015/09/pustaka-bugis-koleksi-buku-makassar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Komunitas volley ball - Selasa, 15 September 2015